Puncak HUT ke-64 Kabupaten Pangkep, Pj Gubernur Resmikan Proyek

    Puncak HUT ke-64 Kabupaten Pangkep, Pj Gubernur Resmikan Proyek
    Puncak HUT ke-64 Kabupaten Pangkep, Pj Gubernur Resmikan Proyek

    PANGKEP- - Puncak hari ulang tahun(HUT)ke-64 kabupaten Pangkajene dan Kepulauan(Pangkep) tahun 2024 dipusatkan di gedung DPRD Pangkep, Rabu(28/2/24).

    Hadir Pj Gubernur Sul-Sel, Pj Gubernur Sul-Sel,  Bahtiar Baharuddin didampingi Forkopimda Provinsi Sul-Sel, Forkopimda Pangkep, Pimpinan dan anggota DPRD Pangkep, anggota DPRD Sul-Sel, pimpinan OPD, tokoh masyarakat. 

    Peringatan HUT Kabupaten Pangkep ini, Pj Gubernur Sulsel juga meresmikan proyek-proyek strategis Pemerintah Kabupaten Pangkep Tahun Anggaran 2023. Selain itu, dirangkaikan dengan penandatanganan MoU Antara Pemda Pangkep dengan Bank Sulselbar dan Pengadilan Agama tentang Kerjasama Pelayanan Publik pada Mall Pelayanan Publik, Penandatanganan MoU antara Pemda dengan Toko Modern tentang Kemitraan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

    Serta Launching Aplikasi Antrian Digital Mall Pelayanan Publik dan Survei Kepuasan Masyarakat serta Internet Gratis bagi Penunjang MPP. Adapula Pemberian Penghargaan kepada Pelopor yang Pernah Berjasa dan Memiliki Andil Besar di Kabupaten Pangkep. Pj Gubernur Sulsel juga meninjau Pameran UMKM.

    Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau(MYL) menyampaikan Indeks Pembangunan Manusia(IPM)Meningkat, dari tahun 2022 sebesar 69, 79 tahun 2023 sebesar 70, 59.

    Indeks ini digunakan sebagai ukuran sejauhmana tingkat kesejahteraan maayarakat suatu wilayah dengan menggunakan variabel kesehatan, pendidikan dan daya beli

    Kenaikan ini menunjukkan bahwa program pemerintah berdampak baik terhadap masyarakat.  Sektor pendidikan, program seragam gratis untuk seluruh siswa baru tingkat SD sederajat dan SMP sederajat setiap tahun mengalami peningkatan anggaran. Tahun 2023 sebesar Rp7milyar lebih dengan jumlah peserta didik 1.544.

    Sektor kesehatan, program Unuversal Healty Coverge(UHC) setiap tahunnya disediakan anggaran PBI-JKN mengalami peningkatan. Tahun 2023 sebesar Rp31milyar dengan target penerima 66.571 orang penerima manfaat dan telah terpenuhi target nasional UHC 96℅>

    Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana kesehatan  untuk lebih didekatkan dengan masyarakat melalui program Sijagai, terbangunnya RS Pratama di pulau Sailus kecamatan Liukang Tangaya dan penyediaan ambulans laut lima unit untuk empat kecamatan kepulauan. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir tidak tersentuh layanan kesehatan. 

    Tingkat kemiskinan, sesuai data BPS tahun 2022 angka kemiskinan Pangkep sebesar 13, 92℅ dan tahun 2023 sebesar 13, 40%. Angka ini menunjukkan adanya penurunan jumlah orang miskin di Pangkep sebanyak 14.000 orang. Angka ini merupakan terendah selama 20 tahun terakhir.(Herman Djide)

    pangkep sulsel
    HermanDjide

    HermanDjide

    Artikel Sebelumnya

    Peringatan Hut ke-64 Kabupaten Pangkep,...

    Artikel Berikutnya

    HUT Ke-64 Pangkajene Kepulauan, Pj Gubernur...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Pangkep Raih Opini WTP ke-13 Kalinya, Bupati Pangkep: Ini Hasil Kerjasama yang Terbangun Selama ini
    Jelang Pilkada 2024, Komunitas Squad Dragon  Black For MYL- ARA Gelar Rapat Kerja
    Wakil Bupati Pangkep Bersama Ibu Sekda lakukan Peletakan Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan di Bungoro
    Pengawas Pendidikan Segeri Achmad Petta Hajo Lolos  Mahasiswa S3 di UNM
    Peduli Terhadap Korban Bencana Kebakaran,  SMK 1 Pangkep Berikan Bantuan Sembako dan Uang

    Ikuti Kami