Kadis Lingkungan Hidup Pangkep Akbar Yunus : Kelolah Sampah dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan

    Kadis Lingkungan Hidup Pangkep Akbar Yunus : Kelolah Sampah dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan
    Kadis Lingkungan Hidup Pangkep Akbar Yunus : Pengelolaan Sampah dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan

    PANGKEP - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pangkep Akbar Yunus, Sos, M, Si, saat diajak konsultasi dalam hal mengantisipasi sampah dan pengelolaan sampah diruang kerjanya Senin (22/4/2024) mengatakan kami  harus mengelolah  sampah dalam konteks pembangunan berkelanjutan atau  Weste Management In the Context of warte management "Kami punya prinsip no sampah dan No Komplain" ujarnya.

    Menurutnya bahwa sudah ada beberapa armada disiapkan untuk mengantisipasi tumpukan sampah di beberapa tempat, dan anggota kami siap siaga dalam menjalankan tugas, demi mengantisipasi tumpukan sampah.

    " Anda bisa lihat sudah tidak ada lagi kita lihat adanya tumpukan sampah, dan itu kami sudah siapkan tim Pelayanan Reaksi Cepat" ujarnya.

    Selain itu Akbar Yunus juga mengungkapkan bahwa pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah, itu sudah diatur dalam (UU Nomor 18 Tahun 2008).

    Untuk itu  Waste Management  pengelolaan sampah merupakan aktivitas kami bersama teman-teman di DLH Pangkep, untuk mengelolah sampah  dari awal hingga pembuangan, meliputi pengumpulan, pengangkutan, perawatan, dan pembuangan, diiringi oleh monitoring dan regulasi manajemen sampah.

    "Pengelolaan sampah bisa disebut sebagai ‘pintu masuk’ untuk mencapai target pembangunan berkelanjutan, karena hal ini merupakan isu multisektor yang berdampak dalam berbagai aspek di masyarakat dan ekonomi" ujarnya.

    Menurut mantan stap Ahli Bupati Pangkep ini mengatakan bahwa sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan beberapa dampak negatif.

    Untuk itu kami berupaya agar pengelolaan sampah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk mencapai berbagai target terutama pembangunan berkelanjutan.

    Akabr Yunus mendefinisikan pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi yang akan datang yang dispesifikan  dalam tiga aspek yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan.

    Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengelolaan sampah yang berkelanjutan. dalam mencapai pembangunan berkelanjutan dari perspektif ekonomi, maka dipertimbangkan cara untuk memajukan ekonomi dalam jangka panjang.

    "Kebijakan Pengelolaan sampah, seperti bank sampah dapat dijadikan upaya mengurangi jumlah timbunan sampah yang dimuat ke TPA dan membantu perekonomian masyarakat, yang mana hasil penjualan sampah disimpan dalam bentuk tabungan di bank sampah" ujarnya.

    Dalam mencapai pembangunan berkelanjutan dari perspektif lingkungan, sistem pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan dapat memberi kontribusi bagi terwujudnya kota bersih berkelanjutan, karena dengan pengelolaan sampah berwawasan lingkungan akan terciptanya lingkungan yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah berkelanjutan dapat memengaruhi tercapainya target kebersihan lingkungan.(herman djide)

    pangkep sulsel
    HermanDjide

    HermanDjide

    Artikel Sebelumnya

    Diikuti 36 Peserta, Bupati MYL Dampingi...

    Artikel Berikutnya

    Puncak Peringatan Hari Kartini, KIKST Gelar...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Pangkep Raih Opini WTP ke-13 Kalinya, Bupati Pangkep: Ini Hasil Kerjasama yang Terbangun Selama ini
    Jelang Pilkada 2024, Komunitas Squad Dragon  Black For MYL- ARA Gelar Rapat Kerja
    Wakil Bupati Pangkep Bersama Ibu Sekda lakukan Peletakan Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan di Bungoro
    Pengawas Pendidikan Segeri Achmad Petta Hajo Lolos  Mahasiswa S3 di UNM
    Peduli Terhadap Korban Bencana Kebakaran,  SMK 1 Pangkep Berikan Bantuan Sembako dan Uang

    Ikuti Kami